Yesus Gembala yang Baik.

Selasa, 12 Juli 2016

Botol Air Panas


Botol Air Panas

Kisah Nyata oleh Helen Roseveare, Misionaris di Afrika

Suatu malam di Afrika Tengah, saya tengah berusaha keras menolong seorang ibu di bangsal tenaga kerja; namun terlepas dari semua yang bisa kami lakukan, ibu itu akhirnya meninggal dunia dan meninggalkan seorang bayi mungil yang lahir prematur dan seorang anak perempuan berusia dua tahun yang sedang menangis,.

Kami mengalami kesulitan untuk menjaga si bayi agar tetap hidup. Kami tidak punya mesin penghangat bayi (inkubator). Kami tidak punya listrik untuk menjalankan inkubator, dan tidak ada fasilitas untuk memberi makan bayi. Meskipun kami tinggal di daerah khatulistiwa, namun di malam hari seringkali kami merasa kedinginan dengan tiupan angin yang kencang.

Seorang siswa-kebidanan mengambil kotak untuk bayi tersebut dan kain katun untuk membungkus sang bayi. Seorang siswa lainnya menyalakan api dan mengisi botol air panas. Tak lama kemudian dia kembali dalam keadaan muram dan memberitahukan bahwa saat mengisinya botol itu meledak. Memang karet di botol itu mudah rusak dalam iklim tropis. "... Dan itu adalah botol air panas kita yang terakhir!" serunya. Seperti di Barat, tidak baik untuk menangisi apa yang telah terjadi; sedangkan di Afrika Tengah dianggap tidak baik menangisi botol air yang pecah. Botol air tidak tumbuh di pohon, dan tidak ada toko obat di jalan yang menuju hutan. Baiklah, "kataku," Letakkan bayi itu didekat api dalam jarak ter-aman; tidurlah di  antara bayi dan pintu untuk menjaganya dari angin. Tugasmu  menjaga agar bayi tetap hangat. "

Siang hari berikutnya, seperti yang saya lakukan hampir setiap hari, saya berdoa bersama para anak yatim piatu. Saya memberikan pokok-pokok doa untuk mereka dan bercerita tentang bayi mungil itu. Saya menjelaskan masalah untuk menjaga bayi tetap hangat dan keperluan botol air panas. Bayi bisa meninggal bila kedinginan. Saya juga menceritakan tentang kakak perempuannya yang masih berusia dua tahun yang sedang menangis karena ibunya meninggal. Saat berdoa, seorang gadis berusia sepuluh tahun, Ruth, berdoa apa adanya seperti anak-anak Afrika lainnya. "Tolong Tuhan," ia berdoa, "kirimkan kami sebuah botol air. Waktunya jangan besok karena tidak baik, Tuhan, bayinya akan mati, jadi tolonglah kirim siang ini." Mendengar keberaniannya berdoa saya  menarik napas dalam hati. Kemudian dia menambahkan doanya dengan cara sederhana "... Dan sementara Engkau mengurusnya, tolonglah Engkau mengirimkan boneka untuk gadis kecil ini agar dia tahu Engkau benar-benar mengasihinya" Seringkali dalam doa yang dipanjatkan anak-anak, saya jadi serba salah. Bisakah saya dengan jujur ​​mengatakan, "Amin?" Saya hanya tidak percaya bahwa Tuhan bisa melakukannya. Oh, ya, saya tahu Dia bisa melakukan segalanya: Alkitab mengatakan demikian, tetapi ada batasnya bukan? Satu-satunya cara Allah menjawab doa seperti ini adalah dengan mengirimkan bingkisan tersebut dari tanah kelahiran saya. Saat itu saya telah berada di Afrika selama hampir empat tahun, dan saya tidak pernah menerima bingkisan dari rumah. Lagi pula, kalau ada yang benar-benar mengirim bingkisan, siapa yang akan memberikan botol air panas? Saya kan tinggal di daerah khatulistiwa!

Siang menjelang sore, ketika saya sedang mengajar di sekolah pelatihan perawat, sebuah pesan tiba bahwa ada sebuah mobil di pintu depan rumah saya. Saat saya sampai di rumah, mobilnya sudah pergi, tapi di beranda, ada bingkisan seberat 22 pon yang sangat besar! Saya merasa mata saya basah dengan air mata. Saya tidak bisa membuka bingkisan itu sendirian; jadi saya mengirimnya ke panti asuhan. Bersama-sama kami melepaskan tali, dengan berhati-hati melepas simpulnya. Kami melipat kertasnya dengan hati-hati agar tidak terlalu merobeknya. Semangat mereka memuncak. Sekitar tiga atau empat puluh pasang mata terfokus pada kotak kardus besar. Dari atas, saya mengeluarkan kaus rajut berwarna cerah. Mata-mata itu berbinar saat saya melakukannya. Kemudian, ada perban rajut untuk penderita kusta, dan anak-anak mulai terlihat sedikit bosan. Selanjutnya ada sekotak kismis, - - itu bisa untuk membuat setumpuk kue kismis di akhir pekan. Saat aku memasukkan tangan lagi, saya dapat merasakannya ... benarkah? Saya memegang lalu menariknya keluar. Betul! Sebuah botol air panas dengan karet yang benar-benar baru!" Saya menangis. Saya tidak meminta Tuhan mengirimkannya. Saya tidak benar-benar percaya bahwa Ia dapat melakukannya. Ruth berada di barisan depan anak-anak. Dia bergegas maju dan berteriak nyaring, "Jika Tuhan mengirimkan botol air, Dia pasti mengirimkan  bonekanya juga!" Sambil mengobrak-abrik bagian bawah kotak, dia menarik boneka kecil yang berpakaian indah. Matanya berbinar: Dia tidak pernah ragu! Dengan menatap saya, dia bertanya, "Bolehkan saya pergi denganmu, Ma, dan memberikan boneka ini untuk gadis kecil itu agar dia tahu bahwa Yesus benar-benar mencintainya?"

Bingkisan itu telah berada dalam perjalanan selama lima bulan penuh, dikemas oleh para gadis mantan kelas Sekolah Minggu saya, yang pemimpinnya telah mendengar dan mentaati Allah yang memerintahkannya untuk juga mengirimkan botol air panas untuk daerah khatulistiwa! Salah seorang gadis itu telah memasukkan sebuah boneka untuk dikirim ke seorang anak Afrika - lima bulan sebelumnya untuk menjawab doa penuh percaya dari anak berusia sepuluh tahun agar membawanya "siang itu!" " Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya; ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya." Yesaya 65:24
-----
Helen Roseveare, seorang misionaris dari Irlandia Utara, mencantumkan kisah nyata ini dalam bukunya "Iman yang Hidup" Dia telah menulis tentang kebangkitan rohani yang terjadi di tahun 1950 di daerah yang kemudian disebut Kongo Belgia. Dia terhubung dengan WEC (Penginjilan Dunia bagi Kristus) di www.wec-int.org/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar