Yesus Gembala yang Baik.

Selasa, 27 November 2012

Saya Memaafkanmu.....

Bill Andrews seorang yang bertubuh besar, aneh dan sederhana. Pakaiannya kelihatan janggal karena ukurannya tidak pas. Beberapa temannya merasa bahwa mereka pintar bila mengejek Bill. Suatu hari, seorang teman melihat sobekan kecil di kemeja Bill dan ia pun membuat sobekan kecil lain lagi. Rupanya hal itu membuat pekerja pabrik yang lain menjadi iseng. Mereka menarik-narik sobekan itu dan tidak berapa kemudian sobekan itu sudah seperti pita yang terjuntai. Bill meneruskan kerjanya, dan ketika ia berjalan terlalu dekat dengan ban yang bergerak, sobekan kemejanya tersangkut di mesin. Dalam waktu singkat; lengan baju dan Bill berada dalam bahaya. Alarm berbunyi, tombol-tombol ditarik, dan masalah terhindar. Mandor yang menyadari apa yang telah terjadi memanggil para pekerja dan menceritakan kisah berikut ini :
            Ketika saya masih muda, saya bekerja di sebuah pabrik kecil. Di sana saya pertama kali bertemu dengan Mike Havoc. Dia berbadan besar dan jenaka, selalu membuat lelucon dan tipuan. Mike seorang pemimpin. Lalu ada seorang yang bernama Pete Lumas, seorang pengekor yang selalu bersama dengan Mike. Dan ada seorang laki-laki bernama Jake. Ia agak lebih tua dari kami, pendiam, tidak berbahaya , dan menyendiri. Ia selalu makan siang sendirian. Ia mengenakan celana bertambal yang sama selama tiga tahun. Ia tidak pernah ikut permainan yang kami mainkan di siang hari seperti gulat, sepatu kuda, dan sejenisnya. Ia bersikap acuh tak acuh, selalu sendirian di bawah pohon. Jake selalu menjadi sasaran lelucon. Ia sering menemukan katak di kotak makan malamnya atau tikus mati di topinya. Tetapi ia selalu menganggap itu sebagai lelucon yang bagus.
            Lalu suatu musim gugur, Mike cuti beberapa hari untuk pergi berburu. Tentu saja Pete ikut. Mereka berjanji, jika mendapatkan sesuatu maka mereka akan membawakan untuk kami masing-masing satu bagian. Kami sangat senang ketika mendengar bahwa mereka kembali dan Mike mendapatkan rusa yang sangat besar. Kami mendengar lebih dari itu . Pete tidak pernah bisa menyimpan rahasia dan ia mengatakan bahwa mereka mempunyai tipuan yang sangat besar untuk Jake. Mike memotong binatang itu dan membungkusnya dengan rapi untuk kami, dan untuk bahan lelucon, ia menyimpan telinga, ekor, dan kuku rusa itu. Mereka pikir akan sangat lucu ketika Jake membuka kotak hadiahnya. Mike membagikan bungkusannya siang hari. Kami semua menerima bagian yang bagus, membukanya dan berterima kasih kepadanya. Bungkusan yang terbesar, untuk Jake, disimpannya. Pete tidak sabar lagi ingin melihat reaksi Jake sementara Mike tampak sangat puas.
            Seperti biasa, Jake duduk sendiri. Ia berada di sisi yang jauh di sebuah meja yang besar. Mike mendorong bungkusan itu sehingga ia dapat meraihnya. Sementara kami semua duduk menunggu. Jake tidak pernah berkata banyak. Anda mungkin tidak tahu berapa kira-kira percakapan yang dibuatnya. Jake memegang bungkusan itu dengan erat dan bangkit dengan pelan. Dia tersenyum lebar pada Mike dan kemudian kami memperhatikan matanya berkilau. Jakunnya naik turun sejenak dan kemudian ia dapat mengendalikan dirinya. “Aku tahu kau tidak pernah melupakan aku,”ia bererima kasih. “Aku tahu kau akan datang! Kau berbadan besar dan suka bercanda, tapi aku tahu kau memiliki hati yang baik.” Dia menelan ludah lagi dan kemudian berkata pada kami. “Aku tahu aku tidak terlalu akrab dengan kalian, tapi aku tidak pernah bermaksud kasar. Kau tahu aku mempunyai sembilan anak di rumah dan seorang istri yang sakit – sudah empat tahun terbaring. Dia tidak membaik. Dan kadangkala ketika keadaannya memburuk, aku harus merawatnya sepanjang malam. Sebagian besar gajiku untuk pergi ke dokter dan membeli obat. Anak-anak mengerjakan semua yang mereka bisa lakukan, tapi kadang kami tidak cukup makan. Mungkin kalian berpikir lucu ketika aku makan malam sendirian. Sebetulnya aku agak malu karena aku tidak selalu mempunyai sesuatu di antara roti sandwich ku. Atau seperti hari ini, mungkin hanya ada lobak kasar di kotakku. Tapi aku ingin kalian tahu kalau daging ini sangat berarti untukku. Mungkin lebih dari setiap orang di sini karena malam ini anak-anakku…. “ Jake menyeka air matanya dengan punggung tangannya. “ …. Malam ini anak-anakku akan mempunyai…” Jake menarik ikatannya. Kami memandang Jake dengan sungguh-sungguh sehingga kami tidak memperhatikan Pete dan Mike. Tetapi kami semua melihat mereka sekarang karena mereka merebut bungkusan itu. Tetapi sayang mereka terlambat, Jake telah membuka bungkusnya dan sudah melihat hadiahnya. Ia memeriksa setiap kuku, setiap telinga, dan kemudian memegang ekornya yang bergoyang lemas. Seharusnya menjadi bahan lelucon yang sangat lucu, tapi tidak ada yang tertawa sama sekali. Tetapi bagian tersulit adalah ketika Jake memandang dan berkata, “Terima kasih,” dan mencoba tersenyum. Dengan diam semua orang maju membawa bungkusan mereka dan meletakkannya di depan Jake karena mereka menyadari betapa hadiah kecil mereka mempunyai arti yang sangat besar bagi Jake.
            Kemudian mandor itu menyelesaikan ceritanya dengan meninggalkan para pekerja. Dia tidak perlu berkata lagi; tetapi sangat puas melihat setiap orang membagi makan siangnya dengan Bill dan salah satu teman bahkan melepaskan kemejanya dan memberikannya kepada Bill. (motivateus.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar