Yesus Gembala yang Baik.

Sabtu, 27 Oktober 2012

Bertindak di Luar Kotak



Manna Surgawi 261211


Alkisah ada seorang anak yang namanya Chin Mi, belajar kung fu di kuil Dairin. Setelah tekun belajar, dia jadi jagoan di kuil itu dan sekitarnya. Tiba-tiba datang seorang anak lain, Sie Fan, yang juga belajar kung fu ala kuil Dairin. Umur sama, jurus sama, lama berlatih sama. Tapi kung fu Sie Fan jauh di atas Chin Mi. Kekuatannya, kecepatannya semua lebih unggul. Sang guru bingung mengapa  kedua anak ini berbeda. Setelah ditanya oleh sang guru, ternyata Sie Fan berlatih di luar kuil, bertemu dengan berbagai tantangan yang tidak dapat ditemukan di dalam kuil. Pengalaman di luar “kotak” kuil Dairin memungkinkan dia berkembang maju dengan cara yang berbeda.

Setiap kita juga bisa memiliki perkembangan  dalam hidup, jika memilki cara pandang yang berbeda dari biasanya, dan bertindak di luar kotak. Edward de Bono berkata, “Anada tidak bisa mendapatkan lubang yang berbeda dengan menggali lebih, dalam lubang yang sama.:Ini berarti bahwa kita tidak akan menemukan hal baru, yaitu hal-hal yang tidak pernah kita temui dan alami sebelumnya, jika kita masih berada pada cara pemikiran yang sama. Jika kita berani mengambil keputusan untuk keluar dari kotak dan zona nyaman kita, barulah hal-hal barua, inovasi, pengalaman dan keberhasilan baru yang tidak pernah kita bayangkan bisa menghampiri kita. Berpikir di luar kotak berarti menghilangkan penilaian yang telah kita batasi dengan pemikiran kita sendiri, dan juga melawan kecenderungan kita yang ingin selalu nyaman. Abraham adalah salah satu contoh orang yang bertindak di luar kotak. Karena imannya, ia berani bertindak mengambil langkah untuk keluar dari zona nyaman. Ketika TUhan menyuruhnya untuk meninggalkan kota beserta sanak keluarganya, ia menuruti perintah tersebut, walaupun itu bukan suatu hal yang mudah. Zona nyaman terkadang akan membuat kita enggan untuk mengambil tindakan. Namun Abraham berani  melangkah sesuai dengan firmanNya. TIndakan inilah yang menjadikannya “bapa orang percaya”.

Merencanakan tujuan-tujuan hidup yang sesuai dengan kehendak TUhan dan yang dirancang untuk kemuliaan Tuhan adalah hal yang menyenangkan bagi TUhan. Untuk itu diperlukan cara berpikir yang kreatif dan tindakan yang proaktif agar mampu bertindak di luar kotak. Jikalau pada umumnya orang menunggu kesempatan datang kepada mereka, tetapi orang yang proaktif akan memiliki inisiatif dan daya juang yang tinggi, semangat , kuat, pintar, dan sergap untuk mencari dan mengejar kesempatan. Berani mencoba segala sesuatu tanpa harus melanggar prinsip kebenaran. Jadilah orang yang senantiasa memaksimalkan kemampuan yang TUhan anugerahkan. Banyak belajar dalam kehidupan, banyak menambah wawasan. Dengan demikian hidup kita akan menjadi lebih maju dari biasanya. Janganlah kesulitan hidup membatasi pikiran kita dan menghambat kuasa TUhan dinyatakan di dalam hidup kita. Percaya dan bertindaklah sesuai janjiNya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar