Yesus Gembala yang Baik.

Jumat, 26 Oktober 2012

Ingin kaya? Belajarlah Memberi!




Vitachan - Shizuoka

Kemarin sore tiba2 saya diberi kejutan kecil. Orang tua asuh saya membawa   beras satu bungkus isi 10 kg dan memberikannya pada saya, tepat ketika  saya hendak membeli beras karena persediaan dirumah saya habis. Hehe. rejeki nonplok, pikir saya.
Karena sangat senang, saya kirim sms pada kakak perempuan di Indonesia dan menceritakan kejadian ini. "Kok PAS, ya?, pas butuh pas ada." Tulis  saya pada kakak saya. Kakak saya lalu bercerita, tadi pagi ibu saya  memanggil tukang becak tua yg lewat didepan rumah kami, dan memberinya  makan satu piring nasi. Kakak saya heran, dalam rangka apa ibu saya tiba-tiba  memberi makan tukang becak itu. Kata ibu saya, "Biar anak mami yg jauh ga  kekurangan makan." Kakak saya bilang, mungkin maksud ibu itu adalah saya   yg tinggal jauh di negri orang. Kontan, sorenya saya dapet beras 10kg.
Waduh? balasannya kok ga sebanding yah, sepiring nasi dengan sekarung beras. Hehe..lumayan.

Kejadian ini mengingatkan saya pada kejadian 20 tahun lalu. Suatu hari   dipermulaan musim kemarau ketika saya masih duduk di kelas 3 atau 4   Sekolah Dasar di Bandung, ada penggalian tanah disepanjang jalan depan   rumah orang tua saya untuk pemasangan kabel telpon. Semua tukang gali   jumlahnya kira2 20 orang. Pekerjaan memakan waktu kurang lebih 10 hari.  Pekerjaan ini menarik perhatian saya, terutama kabel2 ukuran besar yg   nantinya akan ditanam dalam galian itu.
Hari pertama penggalian dimulai, matahari bersinar sangat terik. Para  pekerja yg kelelahan berhenti sejenak dari pekerjaannya sambil beberapa  kali mengusap keringat diwajahnya. Mereka terlihat kehausan karena bekal   air yg mereka bawa telah habis. Ibu saya yang melihat ini tanpa banyak   bicara membawa teko air besar dan menawarkan minuman teh dingin pada   mereka. Spontan mereka menerima dan meminum teh buatan ibu saya dgn gembiranya. Karena mereka jumlahnya banyak , ibu saya sampai 3 kali mengisi  teko itu.
Ternyata hari2 berikutnya pun ibu saya tidak berhenti menyediakan teko  air di depan rumah untuk para tukang gali itu. Bahkan bisa sampai 5 kali   dalam sehari ibu bolak balik mengisi teko besar itu dengan air teh. Jika ada makanan ringan seperti pisang rebus, atau kue-kue kecil lainnya, ibu  saya jg menyuguhkannya. Saya pernah bertanya, "Kenapa ibu saja yg memberi air minum pada mereka? Tetangga-tetangga lainnya pun tidak". Ibu saya hanya   menjawab singkat, "Kasihan", katanya. Sampai ketika pekerjaan galian itu  selesai, salah seorang tukang gali berkata "Terimakasih Bu, mulai hari   ini tidak usah sediakan air lagi, kami akan pindah ke tempat lain,"  katanya sambil pamit pada ibu saya. Hari-hari berlalu sampai tiba pada  pertengahan musim kemarau. Musim kemarau pada tahun itu katanya adalah  musim kemarau panjang dan sangat panas dibanding tahun2 sebelumnya.  Tidak seperti air di sumur2 tetangga di komplek rumah kami yang   mengering, air sumur kami justru melimpah ruah. Ini ajaib. Padahal   tetangga kiri kanan rumah ibu saya memasang JET PUMP yg besar, sedangkan   kami hanya memakai pompa SANYO berkekuatan kecil. Logikanya air tanah   dirumah kami akan tersedot oleh tetangga kami itu. Tapi kenyataannya  adalah ibu saya membagi-bagikan air pada tetangga sebelah menggunakan selang  panjang melewati tembok penghalang rumah.   Semua tetangga di kompleks kami membeli air dengan jirigen2 besar untuk  keperluan mandi dan mencuci setiap harinya. Hanya keluarga kami yang   tidak kekurangan air sedikitpun melewati musim kering yg panjang dan   panas pada saat itu. Ketika saya bertanya pada ibu, "Kenapa air sumur di   rumah kita tidak kering", ibu saya menggelengkan kepala, sambil berkata  lirih, "Apa mungkin ini imbalan dari Tuhan karena memberi minum tukang-tukang   gali yg kehausan itu kemarin dulu?." Tidak ada seorang pun diantara kami  yg tahu.

Sama seperti seorang guru, semakin banyak mengajar, semakin pintarlah Ia.  Maka praktek memberi yg diajarkan ibu saya juga berlawanan dengan rumus   matematika yg diajarkan disekolah. Satu dikurang satu dimana-mana ya sama  dengan Nol. Tapi ibu saya ajaib, satu dikurang satu bisa jadi dua, bisa  juga tiga, atau bahkan sepuluh. Weleh, weleh?

Teman-teman kokier di US tentu saja tahu Larry Stewart sang millionaire yang   selama 26 tahun berhasil menyembunyikan identitas diri berkeliling Kansas City sambil membagi-bagikan lembaran uang $100, setiap malam natal. Dalam   wawancara dengan TV Jepang sebelum kematiannya akibat kanker tgl 14  januari 2007, beliau mengatakan dulu hidupnya selalu kesulitan uang , dikeluarkan beberapa kali dari pekerjaannya, bahkan pernah berniat  merampok bank, sampai akhirnya dia menemukan pengalaman yg mengubah   kehidupannya secara total ketika dia bertemu pegawai restoran baik hati   yg memberinya uang $20 ketika dia lupa membawa dompet pada saat makan di   restauran itu. Padahal Larry berpura-pura, itu memang siasat buruknya karena  lapar , ingin makan tapi tidak memiliki uang sepeserpun.
Ketika dia berpura2 merogoh2 saku celananya dan berakting seolah-olah lupa  tidak membawa uang, seorang pegawai restoran tersebut berjalan di sebelah  mejanya dan membungkuk memungut sesuatu dilantai, lalu berdiri dan  memberikan uang $20 pada Larry sambil berkata,"Maaf Pak, uang bapak  terjatuh di lantai." Spontan Larry menerima uang itu, dan buru-buru membayar tagihan makan siangnya lalu bergegas pergi meninggalkan restoran itu.
Setelah keadaan agak tenang, Larry kemudian menyadari kebaikan pegawai  restoran tadi, karena dia yakin seratus persen, uangnya tidak pernah  terjatuh dilantai, bahkan dia memang tidak membawa uang sepeserpun kedalam restoran itu. Merasa begitu tertolong, sejak itu Larry malah  menguras uang tabungannya dan berpura-pura menjadi Santa sambil membagi-bagikan uang $20 (bertambah terus setiap tahun sampai pada lembaran $100) pada  orang-orang di jalanan yg ditemuinya.  Membagikan uang malah membuat Larry menjadi semakin kaya. Dia mulai diterima bekerja dikantor kembali, bahkan kemudian berhasil membangun  perusahaan sendiri dan berkembang pesat. Ini keajaiban, katanya. Sesuatu  hal yg mustahil terjadi sebelum dia menjadi Secret Santa.   (http://www.msnbc.msn.com/id/16607436).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar